Memberikan berbagai pengertian dasar pelajaran sekolah di Indonesia, dan memberikan berbagai artikel mata pelajaran disekolah

Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln

Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln

Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln - Ada beberapa tokoh pencetus demokrasi, salah satunya adalah mantan presiden Amerika Serikat yang ke-16, Abraham Lincoln.

Abraham Lincoln menyebutkan bahwa pemerintahan yang demokratis adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), demokrasi adalah sistem atau bentuk pemerintahan yang mana seluruh rakyat ikut serta alias terlibat dalam menjalankan roda pemerintahan melalui wakil-wakil rakyat yang telah dipilih oleh rakyat. Dengan adanya wakil rakyat, pandangan hidup, gagasan, hak dan kewajiban, dan perlakuan yang sama bagi seluruh rakyat dapat direalisasikan.

Asal Muasal Demokrasi

Jauh sebelum Abraham Lincoln mencetuskan asas demokrasi, demokrasi pertama kali dicetuskan pada abad ke-5 SM, tepatnya ketika Yunani Kuno masih berkuasa. Saat itu di Yunani terbagi menjadi beberapa polis (negara kota) seperti salah satunya adalah Athena.

Secara umum, demokrasi langsung tidak dapat diterapkan di masa-masa sekarang karena sebagian besar negara di dunia memiliki jumlah penduduk yang tak sedikit. Selain itu, faktor luas wilayah juga sangat berpengaruh.

Demokrasi Bersifat Universal

Pada dasarnya, istilah demokrasi memiliki makna yang sangat universal. Artinya, demokrasi berlaku di mana saja selama negara yang bersangkutan menganut sistem atau asas demokrasi. Hanya saja dalam praktiknya, seringnya tidak sesuai dengan apa yang seharusnya.

Hal ini sangat bergantung pada beberapa faktor seperti faktor budaya, sejarah, latar belakang negara, dasar negara itu sendiri, dan lain sebagainya.

Kemudian, jika dilihat dari bentuk partisipasi dari rakyat di suatu negara yang menganut asas demokrasi, demokrasi terbagi menjadi 2, yaitu demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung.




0 comments:

Post a Comment

Peraturan Berkomentar pada Blog ini :
- Berkomentar secara Relevan sesuai artikel
- Menggunakan bahasa yang baik dan sopan
- Tidak diperboleh berkomentar menggunakan Kata Kasar atau Maki
- Tidak diperboleh menaruh link aktif
- Tidak diperbolehkan menggunakan kata " nice,bagus sekali,sangat berguna, dan sejenisnya "

Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln